tips@iain-jember.ac.id

Capaian Pembelajaran

Home >Halaman >Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan (Learning Outcomes) Program Studi Tadris IPS

A. Capaian Pembelajaran Sikap
  1. Capaian Pembelajaran Sikap (SNPT)
  a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara;
  e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
     
  2. Capaian Pembelajaran Sikap Program Studi
  a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara;
  e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  k. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia.
  l. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan Plagiarisme.
  m. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan inisiatif di tempat tugas.
  n. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.
  o. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang IPS pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs).
  p. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang IPS secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs).
  q. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang IPS pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs).
     
B. Capaian Pembelajaran Pengetahuan
  1. Capaian Pembelajaran Pengetahuan (SNPT)
  a. Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  b. Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  c. Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  d. Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  e. Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatanlil‘alamin
  f. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan;
  g. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
     
  2. Capaian Pembelajaran Pengetahuan Program Studi
  a. Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  b. Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  c. Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  d. Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  e. Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatanlil‘alamin
  f. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan;
  g. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
  h. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  i. Memberikan layanan pembelajaran IPS yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  j. Memfasilitasi pengembangan potensi ilmu sosial peserta didik secara optimal.
  k. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari pembelajaran IPS.
  l. Menguasai teori belajar dan pembelajaran IPS
  m. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran IPS.
  n. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran IPS.
  o. Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar IPS.
  p. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan untuk mata pelajaran IPS
  q. Melakukan pendalaman bidang kajian IPS sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
  r. Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran IPS.
  s. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk mata pelajaran IPS.
  t. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan IPS.
  u. Menguasai teori kewirausahaan pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran IPS yang kreatif dan inovatif.
     
C. Capaian Pembelajaran Keterampilan
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  d. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  e. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesain masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
  j. Mampu menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.
  k. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
  l. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja.
  m. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid.
  n. Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
  o. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.
     
  2. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  a. Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.
  b. Mampu menyelenggarakan pembelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial yang mendidik di sekolah/madrasah.
  c. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial di sekolah/madrasah.
  d. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berIlmu Pengetahauan Sosial dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat.
  e. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum.
  f. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.
  g. Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahauan Sosial.
  h. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.
  i. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat al Qur'an pendidikan dan Hadist Tentang Pendidikan.
     
  3. Capaian Pembelajaran Keterampilan Tambahan (CPKT)
  a. Mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar;
  b. Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30;
  c. Mampu melaksanakan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah praktis digunakan di masyarakat;
  d. Mampu menerapkan pengetahuan statistika dalam riset.
;