header-int

HMPS Tadris IPS ajak mahasiswa lakukan GEMAPERAYA ke Situs Congapan

Selasa, 21 Sep 2021, 00:05:03 WIB - 256 View
Share
HMPS Tadris IPS ajak mahasiswa lakukan GEMAPERAYA ke Situs Congapan

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN KH Achmad Siddiq Jember (Rabu, 30/6) lakukan kunjungan ke beberapa situs di wilayah teritorial Kabupaten Jember. Kegiatan yang diberikan nama GEMAPERAYA (Gerakan Mahasiswa Peduli Situs Sejarah dan Budaya) merupakan kegiatan rutin tahunan yang HMPS Tadris IPS. Kegiatan yang digarap bidang kaderisasi HMPS Tadris IPS memili target tujuan minimal 2 tempat dalam setahun. Kegiatan kunjungan ke situs sejarah ini merupakan proses tadabur alam mahasiswa terhadap lingkungan yang menyimpan sejuta rahasia dengan peninggalan sejarahnya. Pada tahun ini HMPS Tadris IPS mentargetkan pada kunjungan di wilayah Jember Barat Kecamatan Sumberbaru tepatnya di Situs Congapan - Desa Karang Bayat. 

Kegiatan yang diprakarsai oleh kepala bidang kaderisasi ini pada masa pandemi mampu mengikutsertakan 50 peserta yang berasal dari Warga IPS angkatan 2018, 2019, dan 2020. "GEMAPERAYA dimasa pandemi ini tidak menciutkan semangat mahasiswa Prodi Tadris IPS sehingga mampu dilaksanakan dengan prokes ketat. selain itu kegiatan ini berada di alam bebas dan peserta diajak jalan sehat sejauh 500 meter dan berada di kaki gunung argopuro. sehingga mahasiswa selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam pelaksanaannya, mereka juga mendapatkan kesegaran udara dan sumber air pegunungan yang masih jernih" ungkap eka selaku dosen pendamping

"Kita berharap kegiatan ini dapat menimbulkan rasa cinta tanah air dan cinta akan benda cagar budaya peninggalan nenek moyang kita. sehingga kita tidak kehilangan budaya leluhur kita" ungkap depict dosen pembimbing GEMAPERAYA. "Situs Congapan ini sudah diregistrasi menjadi situs cagar budaya yang insitu (ditemukan dan belum diubah tempatnya) oleh tim BPCB Trowulan Jawa Timur. Situs ini menerangkan bahwa adanya kehidupan di masa lalu yang menjelaskan tentang pemujaan kepada yang maha besar yaitu gunung Hyang (hari ini dikenal gunung Argopuro)" lanjut depict.

"Kami berharap semangat mahasiswa tetap terjaga dan kegiatan seperti ini juga mampu menambah nilai keimanan mahasiswa kita, serta meningkatkan rasa solidaritas antar mahasiswa" ungkap Oman dosen Pendamping Gemaperaya. (Depict - admin Prodi)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube