tips@iain-jember.ac.id

Peringati Hari Bumi Sambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi

Home >Berita >Peringati Hari Bumi Sambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi
Diposting : Rabu, 23 Nov 2022, 08:46:44 | Dilihat : 109 kali
Peringati Hari Bumi Sambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi


Hari bumi diperingati secara internasional setiap tanggal 22 April. Hari Bumi sendiri ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pelestarian terhadap planet yang ditinggali manusia yaitu bumi. Apresiasi terhadap bumi yang telah menjadikan tempat yang nyaman bagi kehidupan, setidaknya terwujud dalam upaya masyarakat supaya menyempatkan diri dalam satu hari (di tanggal 22 April) khusus untuk pelestarian lingkungan. Bertepatan dengan peringatan hari bumi ini, keluarga Tadris IPS angkatan 2015 yang sedang mengampu mata kuliah Dasar-Dasar Geografi melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sekaligus merayakan hari bumi di area pesisir selatan Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Puger.
           KKL yang dilaksanakan pada hari Sabtu 22 April 2017 ini berusaha mengamati fenomena lingkungan dan sosial di 4 titik. Titik pertama berada di sekitar kawasan Gunung Kapur Grenden, titik kedua berada di kawasan mangrove Gethem, dan titik ketiga berada di muara Sungai Tanggul serta titik keempat berada di lokasi mercusuar sekitar muara Sungai Bedadaung. Interaksi dan ajakan untuk melestarikan bumi sebagai tempat tinggal manusia dilaksanakan ketika berada di titik kedua. Wawancara dengan masyarakat dan pegiat mangrove dilakukan oleh mahasiswa secara kelompok.
          Pelaksanaan KKL itu sendiri merupakan aplikasi dari materi yang telah disampaikan di kelas. Penetapan Kecamatan Puger sebagai lokasi KKL dikarenakan kecamatan tersebut memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah mulai dari tambang kapur hingga kekayaan hasil tangkapan lautnya. Namun kekayaan sumber daya alam yang dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh masyarakat sekitar, harus diimbangi dengan pelestarian terhadap lingkungannya. Jika tidak, lingkungan dan sumber daya alam akan semakin rusak dan akan berdampak pada kehidupan manusia yang tinggal di lingkungan tersebut.
        Banyak hikmah dari pelaksanaan KKL ini, selain sebagai aplikasi teori di kelas, mahasiswa Tadris IPS juga dapat menyadarkan diri akan pentingnya menjaga dan melestarikan bumi. Sampai jumpa pada pelaksanaan KKL selanjutnya, Salam Sosial!!!

;